Monday, September 17, 2012

Gita Jaya 4 : Keluarga Berencana


Keluarga Berencana di Jakarta merupakan program pionir atau yang pertama kali dilancarkan di Indonesia. Pada bulan April 1967 saya telah memproklamirkan Jakarta sebagai pelaksana proyek perintis KB, mengingat kondisi obyektif yang dihadapi kota ini memungkinkan untuk itu. Bagi masyarakat Jakarta, saya memperoleh kesan bahwa pelaksanaan program KB bukan semata-mata merupakan masalah pelayanan teknis medis kepada masyarakat. Program ini lebih merupakan masalah perobahan sikap kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang masalah kependudukan umumnya dan Keluarga Berencana khususnya. Oleh karena itu, disamping usaha meningkatkan pelayanan teknis medis, perlu pula mengikut sertakan secara aktip penyuluhan dan motivasi oleh aparat pamong praja serta masyarakat itu sendiri. Dalam hubungan ini saya telah menggariskan kebijaksanaan, dan menegaskan pengikut sertaan para Kepala Wilayah dan organisasi-organisasi masyarakat, dalam pelaksanaan program KB.(65) Mereka bertugas memberi penyuluhan dan motivasi kepada masyarakat mengenai maksud dan tujuan program KB, dan mencari serta membina kelestarian para akseptor.

Pada tahun pertama PELITA II pelaksanaan program KB lebih ditingkatkan lagi dengan mulai mengembangkan program pendidikan dan kependudukan.

Dalam rangka pencapaian target akseptor KB DKI Jakarta selama PELITA Dua sebesar 480.000 orang, dipandang sangat perlu pengikut sertaan masyarakat secara aktip dalam kegiatan ini. pada tahun 1975/1976 telah diadakan penilaian terhadap kegiatan Seksi KB LKPMDK di 10 Kecamatan. Adapun tujuan penilaian tersebut ialah untuk mendapatkan umpan balik serta meneliti dan memecahkan hambatan-hambatan yang dijumpai oleh seksi KB LKPMDK. Kesempatan itu dapat sekaligus digunakan untuk memberi bimbingan serta pengarahan langsung kepada petugas KB di Wilayah.

(65) Surat Keputusan Gubernur KDKI tgl. 4 Juni 1973 No. Cc. 4/1/1/1973 tentang Pengikut sertaan Kepala Wilayah dan Organisasi Masyarakat dalam pelaksanaan program PMD.

sumber:
Ali Sadikin. "Pengembangan Administrasi dan Pengelolaan Pemerintahan" dalam Gita jaya : catatan gubernur kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1966-1977. Jakarta : Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1977.)

No comments:

Post a Comment