Monday, September 17, 2012

Gita Jaya 4 : Radio Forum


Untuk menunjang program-program pembangunan masyarakat Desa, pada tahun 1969, saya bentuk proyek "Radio Forum."(66) Yang dimaksud dengan Radio Forum disini adalah pertemuan sekelompok anggota masyarakat ditingkat Kelurahan, untuk mendengarkan dan selanjutnya mendiskusikan permasalahan pembangunan masyarakat desa yang disampaikan melalui siaran radio. Radio Forum ini lebih lanjut bertujuan untuk memupuk dan mengembangkan pengertian, kesadaran dan tanggung jawab serta partisipasi setiap warga kota maupun masyarakat dalam rangka membantu pelaksanaan pembangunan, khususnya pembangunan masyarakat desa. Melalui Radio Forum diusahakan untuk meningkatkan, mendekatkan dan mempermudah komunikasi timbal balik antara Pemerintah, masyarakat dan warga kota. Program-programnya diarahkan untuk mendorong aparat Pemerintah dan masyarakat kearah cara berfikir dan bertindak secara secara rasionil, demokratis dan bertanggung jawab.

Siaran Radio Forum dilaksanakan atas dasar kerjasama antara Pemerintah Daerah dan RRI yang berbentuk suatu Team Pelaksana Siaran Radio Forum. Dalam pelaksanaan siaran tersebut, team ini mendapat bahan-bahan dari Staf Tehnis PMDK dan menyampaikan kepada Kelompok Diskusi yang telah ada di Kelurahan-kelurahan. Penyelenggaraan Siaran dan pemecahan permasalahan mengenai berbagai aspek pembangunan telah dilaksanakan sebanyak 10 kali. Disamping itu telah disiarkan pula melalui radio forum hasil wawancara dengan Lurah dan pengurus LKPMDK mengenai kegiatan masyarakat sebanyak 312 kali. Dalam PELITA Dua sampai dengan tahun kedua, telah berhasil di bentuk 83 kelompok diskusi yaitu 26 kelompok dalam tahun pertama (1974/1975), dan 57 kelompok dalam tahun kedua (1975/1976). Sehingga kelompok diskusi ini seluruhnya berjumlah 179 kelompok yang tersebar di Kelurahan-kelurahan. Diantara 83 kelompok diskusi tersebut telah berhasil mengadakan pemecahan permasalahan berbagai aspek pembangunan sebanyak 34 kali. Selain itu telah disiarkan melalui radio forum hasil wawancara dengan Lurah dan pengurus LKPMDK mengenai kegiatan swadaya masyarakat sebanyak 192 kali.

Lebih lanjut perlu dikemukakan bahwa dalam rangka penyiaran acara siaran radio forum ini, juga diikut sertakan berbagai instansi Pemerintah DKI Jakarta, seperti Dinas Kebersihan, Dinas Kesehatan, Dinas Pengawasan Pembangunan Kota, Direktorat Koperasi, Dinas Pertamanan, Kantor Urusan Penduduk, Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah (BAZIS), Dinas Pemakaman, Kantor Iuran Pembangunan Daerah (IPEDA), BKKBN dan lain-lain. Umumnya siaran disajikan dalam bentuk dialog ringan sesuai dengan urgensi masalah masing-masing bidang.

Tanggapan dari kelompok Diskusi Radio Forum terhadap siaran yang diterimanya disampaikan kepada Staf Tehnis PMDK melalui Lurah, Camat dan Walikota, Dalam pelaksanaan Siaran Radio Forum di Wilayah Kota, diikut sertakan 5 buah radio non RRI untuk program siaran ini, yaitu: Radio Cenderawasih untuk Jakarta Pusat, Radio Agustina Yunior untuk Jakarta Utara, Radio Lokawisesa untuk Jakarta Barat, Radio Suara Kebebasan untuk Jakarta Selatan, dan Radio Kayu Manis untuk Jakarta Timur.

(66) Untuk penjelasan lebih terperinci tentang Proyek Radio Forum ini lihat SK. Gubernur No. lb. 3/2/36/1969 tanggal 21 Mei 1969 perihal Penyelenggaraan Siaran Radio Forum atau Brosur Deppen.

sumber:
Ali Sadikin. "Pengembangan Administrasi dan Pengelolaan Pemerintahan" dalam Gita jaya : catatan gubernur kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1966-1977. Jakarta : Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1977.)

No comments:

Post a Comment