Sunday, September 16, 2012

Gita Jaya 4 : Modernisasi Sistim Administrasi


Dengan makin meningkatnya kegiatan pemerintahan dan pembangunan, makin terasa keharusan untuk menyusun program-program jangka panjang, jangka sedang dan jangka pendek secara teliti dan terarah. Tujuan pokok dan sasaran masing-masing program harus terumuskan secara jelas. Untuk menunjang tugas tersebut diatas, sumber data dan informasi sebagai faktor pendukungnya, perlu disusun polanya baik mengenai prosedur pengumpulan, pengolahan maupun pemanfaatannya. Dengan cara ini diharapkan terwujud adanya kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program pembangunan baik tehnis maupun non teknis dapat terkoordinasi dan integrasi dengan baik. Untuk mencapai usaha tersebut, saya bersama-sama dengan para staf mengambil inisiatip untuk merintis metode-metode management baru seperti : Sistim Perencanaan Penyusunan Program dan Anggaran (SIPPA), Perencanaan Sistim Informasi (ISP), Sistim Pengendalian Operasionil Proyek-proyek dengan Network Planning dan Komputer (MPPS). serta modernisasi sistim kearsipan dengan penyempurnaan dalam bentuk Microfilm.

Proyek-proyek tersebut disamping untuk kepentingan intern, juga saya maksudkan agar Pemerintah DKI Jakarta dapat berfungsi sebagai laboratorium penelitian dalam penerapan proyek-proyek modernisasi sistim dan teknologi administrasi. Hasilnya kelak dapat bermanfaat pula bagi kepentingan instansi-instansi lain yang lebih luas, termasuk lingkungan universitas. Dalam hal ini, saya menghargai kerjasama dan bantuan para ahli/konsultan baik yang terdiri dari instansi Pemerintah maupun instansi-instansi swasta lainnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka bersama-sama kami telah bekerja menyusun, mengembangkan dan menerapkan sistim baru yang dapat membantu pimpinan dan aparat Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tugas-tugasnya secara lebih baik.

sumber:
Ali Sadikin. "Pengembangan Administrasi dan Pengelolaan Pemerintahan" dalam Gita jaya : catatan gubernur kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1966-1977. Jakarta : Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1977.)

No comments:

Post a Comment