Thursday, September 6, 2012

Gita Jaya 1 : Catatan: Pertanggung jawaban dan referensi


Demikianlah, secara garis besar falsafah kepemimpinan dalam Pemerintah Daerah yang saya kembangkan dalam menjalankan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 11 tahun. Tetapi catatan ini ingin lebih dari pada sekedar menjadi sebuah catatan falsafah kepemimpinan dalam Pemerintah Daerah.

Untuk keperluan tersebut disediakan Bab-bab dalam buku ini yang mengungkapkan secara lebih terperinci bermacam-macam segi yang menyangkut pelaksanaan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta, baik yang sudah sedikit terungkapkan dalam bagian ini, maupun yang belum. Isi buku yang terdapat pada bagian depan menggambarkan kerangka masalah yang akan diterjuni secara lebih terperinci dalam catatan ini.

Pertanggung-jawaban ini saya tujukan kepada wargakota Jakarta dan seluruh spektrum lembaga, kelompok dan individu-individu di mana saja, yang karena sesuatu sebab merasa berkepentingan dengan pelaksanaan tugas saya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Di dalamnya termasuk para pengagum dan para pengkritik kebijaksanaan saya, baik yang merasa diuntungkan maupun yang merasa dirugikan dan yang paling utama bagi warga para pembayar pajak daerah yang setia, yang kurang setia, dan yang tidak setia.

Catatan ini juga mempunyai tujuan yang lebih praktis, meskipun bukan dimaksudkan sebagai encyclopedia. Catatan ini disediakan sebagai buku referensi mengenai Pemerintah DKI Jakarta, khususnya yang menyangkut periode 1966-1977. Untuk menambah kegunaannya sebagai buku referensi, cara penyajian masalah pada bab-bab berikut akan mengikuti pola yang dianggap dapat membantu pemakaiannya secara lebih baik.

Penyajian itu diusahakan untuk mengikuti pola sebagai berikut : Pertama, dinyatakan problemnya, kemudian ditunjukkan kebijaksanaan dalam mengatasi masalah tersebut untuk akhirnya hasil yang dicapai, dalam beberapa hal dilengkapi dengan fakta dan data statistik. Dalam hubungan ini pihak yang sangat diharapkan untuk membacanya adalah Gubernur DKI Jakarta yang menggantikan saya dan staf yang akan membantu Gubernur yang baru. Saya berpendapat, bahwa catatan ini sangat perlu dibaca oleh pejabat yang menggantikan saya.

Paling sedikit, dengan membaca catatan ini, Gubernur yang baru nanti bisa mengetahui. melalui dokumen yang otentik mengenai apa yang telah dibuat oleh pendahulunya. Harapan lebih jauh adalah, bahwa pengetahuan ini akan menghasilkan kontinuitas dalam pekerjaan yang telah dirintis.

Sumber: Ali Sadikin. "Azas-azas Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Pemerintahan di DKI Jakarta" dalam Gita jaya : catatan gubernur kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1966-1977. Jakarta : Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 1977.

No comments:

Post a Comment